Jumat, 25 Desember 2009

Apa itu affiliate marketing ?

Affiliate Marketing adalah suatu cara menghasilkan uang dari internet . Dalam affiliate marketing kita akan mendapatkan komisi apabila terjadi transaksi penjualan produk, klik atau pendaftaran melalui 'link afilliate' kita.

Merchant atau affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang mereka pasarkan melalui internet. Sedangkan orang-orang yang tidak mempunyai produk/jasa dapat membantu affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produknya. untuk setiap produk/jasa yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi.

Orang-orang yang menghasilkan uang dengan membantu affiliate merchant memasarkan produknya di internet inilah yang disebut 'affiliate marketer' atau disingkat 'affiliate'.

Dalam bisnis online, semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui 'link khusus' atau yang dikenal dengan istilah 'affiliate link'. Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa) kepada affiliate marketer. Setiap affiliate link biasanya terdiri dari serangkaian huruf atau angka yang unik sebagai 'affiliate ID', yang berfingsi mengidentifikasi kita sebagai satu-satunya orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan yang dihasilkan melalui affiliate link tadi.

Ada banyak cara menghasilkan keuntungan (uang) dari affiliate marketing program ini. Metode atau cara menghasilkan uang dari affiliate program dapat di kelompokkan sebagai berikut.

Pay Per Sale Affiliate Program. Lewat cara ini, kita memperoleh keuntungan pada saat seseorang membeli produk atau jasa melalui affiliate link kita.
Contoh barang atau jasa yang dipasarkan dengan cara 'pay per sale' adalah penjualan e-book, software komputern dan lainnya.

Besar komisi pay per sale ini bervariasi, mulai dari hanya 20% saja sampai 65% bahkan lebih besar lagi. Click Bank bahkan memberikan komisi sampai 75% per sebuah e-book yang terjual.

Pay Per Lead Affiliate Program. Adalah jenis program yang memberikan pembayaran untuk setiap prospek (lead) dengan kualifikasi tertentu yang kita bawa ke situs web merchant melalui affiliate link kita.

Melalui program 'pay per lead' ini, kita bisa mendapatkan keuntungan mulai dari beberapa sen saja untuk setiap leads yang datang ke website merchant, sampai $30 atau lebih untuk leads yang mengisi form aplikasi secara lengkap.

Pay Per Click Affiliate Program. Kita mendapat bayaran pada saat 'link iklan' di situs web kita di klik oleh pengunjung kita. Program pay per click (PPC) yang sangat populer saat ini adalah Google's Adsense.Google memperbolehkan kita menempatkan 1 sampai 3 iklan Google di setiap halaman web atau blog kita.

Pay Per Search Affiliate Program. Program ini mirip dengan pay per click namun caranya agak berbeda. Dengan pay per search program ini, kita akan mendapat pembayaran pada saat pengunjug website atau blog kita mencarai informasi melalui 'search box' (kotak pencarian) khusus yang telah kita tempatkan di situs kita, dan lalu mereka meng klik salah satu link dari hasil pencariannya tadi.

Contoh program pay per search ini adalah Google's Adsense for Search nya mesin pencari Google.com

Recurring Affiliate Program. Dalam program ini affiliate merchant memberi komisi kepada kita dalam periode tetap atau secara berkala. Kadang kala program ini disebut juga dengan istilah 'Submission Program'.
Meskipun kita tidak mendapatkan persentase yang besar dari program ini. Namun tetap bermanfaat karena kita mendapatkan komisi selama pelanggan membayar uang langganannya.

Hybrid Program. Program ini merupakan gabungan dari beberapa affiliate program berbeda yang telah dijelaskan sebelumnya. Misalnya merchant menawarkan komisi 5 sen dolar setiap kali ada pengunjung website kita yang mengklik banner dan kemudian komisi 10% bila terjadi penjualan produk.

Tulisan di atas menjelaskan mengenai program Affiliate Marketing dan bagaimana cara kerjanya untuk menghasilkan uang melalui website atau blog kita.

Semoga bermanfaat semoga sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar