Rabu, 03 Februari 2010

Membuat Blog Gratis dengan 3 langkah mudah

Langkah Awal sebelum membuat blog


Tulisan ini ditujukan untuk Anda yang baru belajar atau yang mau belajar membuat blog  tetapi belum tahu cara membuatnya. Bagi Anda yang baru belajar atau belum pernah membuat blog tetapi ingin membuatnya, jangan khawatir tulisan berikut ini akan menjelaskan cara membuat blog cantik dengan 3 langkah mudah. 

Anda dapat memanfaatkan layanan hosting gratis (alias tidak dipungut bayaran) dari beberapa penyedia layanan ‘weblog’ seperti Blogger.com atau Blogspot.com dan Wordpress.com. Namun pada tutorial ini kita akan memanfaatkan layanan hosting gratis  dari Blogger atau Blogspot karena banyak digunakan para blogger terutama pemula karena kemudahan dalam pengelolaannya.

Sebelum memulai membuat blog ini komputer anda harus terkoneksi ke internet. Kemudian buka browser internet Anda dan masuk ke website Blogger yaitu http://www.blogger.com akan tampil halaman awal website Blogger seperti terlihat pada gambar di bawah ini.



Untuk mulai membuat blog baru, Anda diharuskan mengklik pilihan ‘BUAT BLOG’ dan melakukan 3 langkah berikut ini

Langlah Pertama:
Pertama Anda harus membuat sebuah akun baru di Blogger. Untuk itu perlu sebuah alamat email Gmail yang masih aktif/berlaku. Kemudian isi data berupa ‘paswword’ yang akan digunakan untuk masuk (login) ke blog Anda. Selain itu isi pula ‘Display Name’, ‘Verivikasi Kata’, kemudian setujui ‘Penerimaan persyaratan’ dengan memberi tanda centang pada kolom yang disediakan, setelah semua data diisi dengan lengkap, klik tombol ‘Lanjutkan’

Langlah Kedua:
Kemudian isikan nama dan alamat blog Anda pada kolom ‘Judul Blog’ dan ‘Alamat Blog’ (URL). Silahkan cek apakah alamat yang Anda pilih masih tersedia atau sudah ada yang menggunakannya . Bila masih tersedia berarti Anda dapat menggunakannya kalau tidak tersedia pilih nama yang lain, dan kemudian klik ‘Lanjutkan’.

Langlah Ketiga:
Langkah selanjutnya adalah memilih template ntuk blog Anda dapat memilih salah satu dari template yang tersedia. Klik ‘Pratayang template’ untuk melihat tampilan pratayang blog Anda  sebelum benar-benar menentukan template blog Anda.
Bila tidak ada template yang berkenan dihati Anda jangan cemas. Nanti anda dapat mengganti template tersebut  setelah blog Anda jadi. Setelah Anda memilih salah satu template  yang tersedia, tekan tombol ‘Lanjutkan’ dan tunggu beberapa saat dan blog Anda selesai dibuat.

Siap Mem-posting Tulisan
Setelah blog anda selesai dibuat akan tampil tulisan ‘Blog Anda sudah jadi dan Anda dapat mulai mengisi (posting) ke blog Anda dengan memilih tombol MULAI BLOGGING.

Selamat mencoba semoga berhasil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar