Rabu, 10 Februari 2010

Hasilkan Uang dari Blog Anda.

Jika Anda seorang yang hobi menulis dan sudah punya blog (misalnya di Blogger.com) dengan traffic pengunjung yang lumayan banyak. Sambil menyalurkan hobi, blog Anda bisa dijadikan sumber uang dan Anda akan  mendapatkan tambahan penghasilan dari internet. Jika Anda belum tahu caranya silakan baca tulisan berikut ini.

Banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog Anda. Untuk bergabung dengan program afiliasi (affliliate program), Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang bahkan gratis. Yang perlu Anda siapkan adalah satu unit komputer yang terhubung ke internet. Jika tidak punya komputer di rumah Anda dapat sewa di warnet.
Sebaiknya sebelum mengikuti program afiliasi, blog Anda sudah mempunyai banyak pengunjung (traffic rank). Semakin banyak pengunjung yang mampir ke blog kita akan semakin besar kemungkinannya kita meraup uang dari internet.
Beberapa cara berikut dapat anda ikuti untuk menghasilkan uang dari blog yang Anda kelola. Diantaranya program-program sumber pendapatan di internet adalah:

a.     Menampilkan Iklan PPC (Pay-Per-Click) Domestik
Saat ini sudah banyak program PPC domestik di Indonesia, seperti Adsensecamp, KlikSaya.com, KumpulBlogger, PPCIndo, IndoFad dan AdOnBanner. Dengan menjadi publisher program-program PPC domestik, Anda bisa menampilkan iklan berbahasa Indonesia dan mendapatkan sejumlah komisi (tentu dalam rupiah) jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog Anda.

b.    Menampilkan Banner Program Affiliasi Domestik
Selain program affiliasi asing, saat ini juga sudah banyak program-program affiliasi domestik yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana monetisasi blog Anda. Dengan cara yang sama menampilkan banner link affiliasi domestik - Anda memiliki peluang untuk mendulang uang melalui blog Anda. Sejumlah pengelola web hosting lokal memiliki program affiliasi yang bisa Anda ikuti dan promosikan di blog Anda.

c.    Menulis Review Produk Affiliasi (dengan text link affiliasi Anda)
Salah satu cara menjalankan program affiliasi (baik asing maupun domestik) melalui blog yang paling efektif adalah dengan menulis review tentang produk affiliasi yang hendak Anda promosikan di blog Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah menggunakan dan merasakan manfaat produk yang Anda promosikan. Program affiliasi seperti Clickbank, Amazon.com dan Commission Junction memiliki banyak sekali produk yang bisa Anda review. Pilih produk yang sesuai dengan niche dan kebutuhan pembaca blog Anda, tulis reviewnya dan jika pembaca blog Anda melakukan pembelian produk yang Anda rekomendasikan, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

d.    Mengikuti Program Paid Review
Program paid review adalah cara lain menghasilkan uang dari blog Anda. Seperti namanya, sebagai publisher program ini Anda diminta untuk menulis ulasan (review) produk atau jasa tertentu dan akan mendapatkan komisi atas ulasan atau review yang Anda tulis di blog Anda.

Beberapa program affiliasi paid review yang dapat Anda ikuti seperti (ReviewMe, SponsoredReviews.com, Blogsvertise, BuyBlogReviews.com) Anda bisa mendaftar sebagai publisher program-program paid review tersebut (syaratnya Anda harus menulis review dalam bahasa Inggris). Bahkan jika blog Anda memiliki link ranking, Alexa, Technorati dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, tidak mustahil Anda akan mendapatkan komisi yang cukup besar untuk satu artikel review.
Jika blog yang Anda kelola berbahasa Indonesia, saya sarankan untuk mengikuti program  ReviewMu.com, paid review lokal pertama.

e.    Bergabung dengan Google Adsense
Google Adsense adalah program PPC (Pay Per Click) yang paling pupuler saat ini. Kendala blog berbahasa Indonesia untuk menampilkan program Google Adsense adalah Google kurang mendukung blog/website berbahasa Indonesia untuk menampilkan Unit Ads, Link Ads serta Referral Ads di blog berbahasa selain Inggris. Namun bila website/blog yang Anda kelola mempunyai traffic dan PR (Page Rank) yang tinggi, besar kemungkinan akan di terima (approved) sebagai ‘publisher’. Meskipun demikian, Anda masih bisa menampilkan unit Adsense for Search di blog Anda. Pergunakanlah layanan Google Custom Search Engine untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai kata kunci dan alamat situs yang Anda inginkan. Silahkan membaca Panduan Mendaftar Google Adsense.

Jika Anda lebih kreatif lagi masih banyak cara untuk mendulang uang dari internet tanpa mengeluarkan banyak uang  untuk investasi. Selamat mencoba! Semoga berhasil !!...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar